Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63989
Title: Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III B SDN Patrang 02 Jember pada Pokok Bahasan Uang Tahun Ajaran 2012/2013
Authors: Wahyu Agustina, Ika
Sugiarti, Titik
Khutobah
Keywords: model pembelajaran ARIAS
aktivitas belajar siswa
hasil belajar siswa
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III B SDN Patrang 02 Jember pada Pokok Bahasan Uang Tahun Ajaran 2012/2013. Secara umum masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran matematika di SDN Patrang 02 Jember yaitu guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembalajaran. Selain itu, sebagian besar siswa menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan siswa juga kurang percaya diri dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya aktifitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data nilai siswa pada pra siklus hanya terdapat 36,66% siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM. Persentase keaktifan siswa juga relatif rendah, yaitu hanya 30%. Setelah kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran ARIAS, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 21 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 70%. Pada siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 28 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 93,33%.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63989
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ika Wahyu Agustina.pdf275.73 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.