Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63981
Title: Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Budaya Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Santri Melalui Motivasi Belajar Di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi
Authors: Hermawan, Budi
Prihatini, Dewi
Desia Prajitiasari, Ema
Keywords: Kecerdasan Intelektua
Kecerdasan Emosional
Kecerdasan Spiritual
Budaya Organisasi
Motivasi
Prestasi Belajar
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan budaya organisasi terhadap prestasi belajar santri melalui motivasi belajar di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi pada tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode survey, dimana metode ini merupakan metode pengumpulan data primer dengan menggunakan pertanyaan tertulis atau kuesioner. Metode statistik yang digunakan untuk menguji  hipotesis dalam penelitian ini adalah Model Persamaan Struktural (SEM). Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 340 orang dengan tingkat signifikansi  sebesar 5%. Hasil uji SEM menunjukkan bahwa variabel kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan budaya organisasi baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui motivasi belajar menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar santri. Di dalam pengaruh secara tidak langsung, motivasi belajar menguatkan pengaruh dari kecerdasan intelektual dan budaya organisasi terhadap prestasi, dan di sisi lain melemahkan pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar santri.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63981
Appears in Collections:SRA-Economic and Business Article

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BUDI HERMAWAN.pdf205.2 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.