Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63974
Title: | Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Pokok Bahasan Tumbuhan Hijau di SD Negeri Mumbulsari 1 Kabupaten Jember Tahun 2013-2014 |
Authors: | BUDIARSO, Setiawan NURIMAN AGUSTINIGSIH |
Keywords: | METODE EKSPERIMEN AKTIVITAS SISWA HASIL BELAJAR SISWA PENELITIAN TINDAKAN KELAS |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Series/Report no.: | ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA |
Abstract: | Pembelajaran IPA di SD Negeri Mumbulsari 1 Jember hanya menggunakan metode ceramah dan tidak pernah melakukan eksperimen. Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, oleh sebab itu dilaksanakan pembelajaran menggunakan metode eksperimen di SD Negeri Mumbulsari 1 Jember dengan subjek berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013-2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model skema yang diadaptasi dari Hopkins. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan. Hasil aktivitas belajar yang didapat dari siklus I ke siklus II pada kriteria sangat aktif memiliki peningkatan 8,4%, kriteria aktif diperoleh peningkatan 4,2%, kriteria cukup aktif mengalami peningkatan sebesar 20,8%, sedangkan kriteria kurang aktif mengalami penurunan sebesar 16,7%, sama halnya dengan kriteria sangat kurang aktif mengalami penurunan sebesar 16,7% ke angka 0%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51,56 dan pada siklus II sebesar 74,7 sehingga mengalami peningkatan sebesar 23,14. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63974 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Vindy Setiawan.pdf | 258.34 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.