Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63973
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPutra Kirnando, Yusdianto-
dc.contributor.authorBektiarso, Singgih-
dc.contributor.authorNuriman-
dc.date.accessioned2015-10-05T08:10:58Z-
dc.date.available2015-10-05T08:10:58Z-
dc.date.issued2012-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63973-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan metode discovery. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai observer. Dari hasil observasi dan tes yang dilakukan, aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus. Dari hasil analisa diperoleh data sebagai berikut: aktivitas belajar siswa pada siklus I tergolong aktif dengan skor rata-rata 71,2%. Pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 82,7%. Selain aktivitas siswa, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada tahap prasiklus, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 14 siswa atau 56% dengan nilai rata-rata 70. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa atau 68% dengan nilai rata-rata 71,20. Pada tahap siklus II, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 23 siswa atau 92% dengan nilai rata-rata 81,68.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.relation.ispartofseriesARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;-
dc.subjectmetode discoveryen_US
dc.subjecthasil belajar.en_US
dc.titlePenerapan Metode Discovery untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya Kelas V SDN Glundengan 01 Wuluhan Jemberen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Yusdianto Putra.pdf610.22 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.