Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63963
Title: | Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Teknik Scramble Susun Paragraf Siswa Kelas IV SDN Badean 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013 |
Authors: | AKHADINA, Ara SATRIJONO, Hari Suhartiningsih |
Keywords: | MEMBACA PEMAHAMAN TEKNIK SCRAMBLE SUSUN PARAGRAF HASIL BELAJAR |
Issue Date: | 2012 |
Publisher: | UNEJ |
Series/Report no.: | ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA; |
Abstract: | Tujuan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yaitu meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, baik lisan (menyimak dan berbicara) maupun tulisan (menulis dan membaca).Membaca merupakan memahami isi dari bacaan, sehingga pemahaman merupakan faktor yang sangat penting dalam keterampilan membaca. Kenyataan di lapangan kegiatan membaca kurang diminati oleh siswa. Hal tersebut karena kurang adanya variasi dalam kegiatan membaca. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian dengan menggunakan teknik scramble susun paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Badean 01 Jember Pembelajaran bahasa Indonesia melalui teknik scramble susun paragraf digunakan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Badean 01 Jember. Penerapan teknik scramble susun paragraf yaitu dengan memberikan bacaan yang paragrafnya telah diacak sebelumnya. Siswa diminta untuk mengurutkan dan menentukan kalimat utama serta ide pokok masing-masing paragraf. Pembelajaran ini digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Badean 01 Jember. Hasil yang diperoleh diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada tiap siklus. Berdasarkan hasil analisa diperoleh data sebagai berikut; pada tahap prasiklus, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 41,46%. Pada tahap siklus I, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 22 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 53,66%. Pada tahap siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 33 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 80,49%. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63963 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ara Akhdina.pdf | 272.45 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.