Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63945
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNurcahyanti, Novi-
dc.contributor.authorSatrijono, Drs. Hari M.Pd,-
dc.contributor.authorHusniah, Furoidatul S.S, M.Pd-
dc.date.accessioned2015-10-05T04:59:32Z-
dc.date.available2015-10-05T04:59:32Z-
dc.date.issued2013-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63945-
dc.description.abstractLagu tidak hanya dapat dinikmati sebagai iringan bunyi yang merdu untuk didengar. Tetapi juga dapat dipandang sebagai wujud praktik sosial yang berkaitan dengan reaksi sosial, di dalam lagu terdapat tujuan tertentu agar penikmat musik dapat memahami makna yang terdapat dalam lagu. Salah satu lagu yang digemari adalah lagu yang di dalamnya memuat realita sosial seperti patologi sosial. Untuk mendapatkan makna dari suatu lagu, seeorang dapat menggunakan teori wacana. Wacana juga dapat dipahami sebagai sebuah tindakan (actions) yaitu mengasosiasikan wacana sebagai bentuk interaksi. Wacana dalam prinsip ini, dipandang sebagai sesuatu yang betujuan apakah untuk berdebat, mempengaruhi, membujuk, menyangga, bereaksi dan sebagainya. Jika kita tidak kritis, tentu kita tidak akan pernah tahu apa pesan yang ingin penyair sampaikan kepada pendengar. Oleh karena itu, dengan menggunakan konsep Analisis Wacana Kritis yang dikembangkan oleh Van Dijk, saya mencoba mengkaji Lagu karya Slank pada album Plur tahun 2004 yang di dalamnya mengandung patologi sosial.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.relation.ispartofseriesARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;-
dc.subjectLAGUen_US
dc.subjectWACANAen_US
dc.subjectanalisis wacana kritis ABSTen_US
dc.titlePatologi Sosial dalam Wacana Lagu Karya Slank pada Album Plur Tahun 2004en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Novi Nurchayanti.pdf259.33 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.