Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63935
Title: Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Picture And Picture Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014
Authors: Wulandari Budi Asriningtyas
Satrijono, Hari
Latief, Misno A.
Keywords: aspek kebahasaan
aspek nonkebahasaan
keterampilan berbicara
metode picture and picture
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan metode picture and picture pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Setelah diterapkan metode picture and picture, siswa diharapkan dapat menjelaskan petunjuk penggunaan alat dengan memperhatikan aspek kebahasaan serta aspek nonkebahasaan. Aspek kebahasaan yang dimaksud yaitu pemilihan kata, ketepatan ucapan, keruntutan, dan penggunaan kalimat. Aspek nonkebahasaan yaitu kelancaran, keberanian, kenyaringan, dan gerak-gerik atau mimik. Rata-rata penguasaan siswa terhadap aspek kebahasaan dan nonkebahasaan pada siklus I sebesar 71,4% dan meningkat menjadi 78,2% pada siklus II. Pada siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 56% dan meningkat menjadi 76% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode picture and picture dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63935
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Wulandari Budi.pdf263.18 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.