Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63935
Title: | Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Picture And Picture Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014 |
Authors: | Wulandari Budi Asriningtyas Satrijono, Hari Latief, Misno A. |
Keywords: | aspek kebahasaan aspek nonkebahasaan keterampilan berbicara metode picture and picture |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Series/Report no.: | ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA; |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan metode picture and picture pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Setelah diterapkan metode picture and picture, siswa diharapkan dapat menjelaskan petunjuk penggunaan alat dengan memperhatikan aspek kebahasaan serta aspek nonkebahasaan. Aspek kebahasaan yang dimaksud yaitu pemilihan kata, ketepatan ucapan, keruntutan, dan penggunaan kalimat. Aspek nonkebahasaan yaitu kelancaran, keberanian, kenyaringan, dan gerak-gerik atau mimik. Rata-rata penguasaan siswa terhadap aspek kebahasaan dan nonkebahasaan pada siklus I sebesar 71,4% dan meningkat menjadi 78,2% pada siklus II. Pada siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 56% dan meningkat menjadi 76% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode picture and picture dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63935 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Wulandari Budi.pdf | 263.18 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.