Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63934
Title: Meningkatkan Kemampuan Menyimak Intensif Unsur Cerita Melalui Media Audio Visual Siswa Kelas V SDN SumberLesung 04 Kecamatan Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2013-2014 (Improving the Fifth Grage Student's Intensife listening
Authors: Dwi Purnomo, Angga
Satrijono, Hari
Sihono
Keywords: media audio visual
kemampuan menyimak siswa
penelitian tindakan kelas
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberlesung 04 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas V melalui media audio visual. Hal ini dikarenakan di SDN Sumberlesung 04 Jember kemampuan menyimak intensif siswa masih rendah salah satunya diakibatkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penelitian terdiri atas 19 siswa. Pengumpulan data penelitian ini meggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pelaksanaan penelitian melalui media audio visual ini sebanyak dua siklus. Siklus I terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak siswa mengalami peningkatan. Hasil aktivitas belajar yang didapat dari siklus I ke siklus II pada kriteria sangat baik dan baik tersebut sebesar 10,52%, sedangkan dalam kriteria cukup baik mengalami penurunan sebesar 21,04%, dan kriteria kurang baik tidak mengalami perubahan yaitu sebesar 0%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,21 dan pada siklus II sebesar 78,42 sehingga mengalami peningkatan sebesar 14,21.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63934
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Angga Dwi Purnomo.pdf249.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.