Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63906
Title: | MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYIMAK CERITA RAKYAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL KELAS V SDN GRAJAGAN 04 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2013-2014 |
Authors: | Redita, Riscy Satrijono, Hari Drs. Sihono, M.Pd |
Keywords: | media audio visual kemampuan menyimak siswa |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Series/Report no.: | ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA; |
Abstract: | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Grajagan 04 Banyuwangi dengan tujuan untuk meningkatakan kemampuan menyimak siswa kelas V melalui media audio visual. Hal ini dikarenakan di SDN Grajagan 04 Banyuwangi kemampuan menyimak siswa masih rendah salah satunya diakibatkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penelitian terdiri atas 33 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pelaksanaan penelitian melalui media audio visual ini sebanyak dua siklus. Siklus I terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Grajagan 04 Banyuwangi mengalami peningkatan. Peningkatan pada siklus I sebesar 60,6% serta peningkatan pada siklus II sebanyak 87,8%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,4 dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 75.9 sehingga dapat diketahui bahwa peningkatan hasil belajar siswa sebesar 8,5. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Grajagan 04 Banyuwangi. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63906 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Riscy Redita.pdf | 246.32 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.