Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63905
Title: Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun melalui Pendekatan Kontekstual dengan Media Objek Langsung Siswa Kelas IV Semester II SDN 2 Battal Tahun Pelajaran 2012/2013
Authors: Putri, Ade
Satrijono, Hari
Suhartiningsih
Keywords: kemampuan menulis pantun
pendekatan kontekstual
media objek langsung
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa SDN 2 Battal melalui pendekatan kontekstual dengan media objek langsung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Battal dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil dari penelitian ini, melalui pendekatan kontekstual dengan media objek langsung seluruh siswa dapat membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema sesuai dengan ciri-ciri pantun, sehingga semua siswa dapat mencapai aspek-aspek ketuntasan yang telah ditetapkan. Hasil ketuntasan kemampuan menulis pantun siswa secara klasikal dari prasiklus sampai siklus II meningkat sebesar 34%. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dengan media objek langsung terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas IV SDN 2 Battal
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63905
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ade Putri.pdf257.81 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.