Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63858
Title: IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (LOVAAS) PADA ANAK AUTIS DI SENTRA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) CAHAYA NURANI JEMBER
Authors: Imadul Ummah, Mahdiah
Hendrawijaya, A.T
Tri Indrianti, Deditiani
Keywords: anak autis
metode Applied Behavior Analysis
Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Issue Date: 2013
Publisher: UNEJ
Series/Report no.: Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa;
Abstract: Pembelajaran anak berkebutuhan khusus sangat berbeda dengan anak normal pada umumnya sehingga terdapat perbedaan dalam proses pembelajarannya, salah satunya adalah perbedaan metode. Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Cahaya Nurani Jember menerapkan metode Applied Behavior Analysis dalam proses pembelajarannya. Sehingga menimbulkan pertanyaan bagaimanakah implementasi dan tingkat keberhasilan metode Applied Behavior Analysis pada anak autis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengetahui tingkat keberhasilan implementasi metode Applied Behavior Analysis (Lovaas) pada anak autis ringan dan autis sedang di Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Cahaya Nurani Jember. Penelitian ini menggunakan metode gabungan atau mixed methods. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Applied Behavior Analysis (Lovaas) memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi pada anak autisdi Sentra Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Cahaya Nurani Jember. Selain itu Metode Applied Behavior Analysis (Lovaas) dalam proses implementasinya sangat terstruktur, kurikulumnya jelas disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat keparahan anak.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63858
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mahdiah Imadul.pdf254.16 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.