Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63855
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Rahman, Ferirur | - |
dc.contributor.author | Sumardi | - |
dc.contributor.author | Handayani, Sri | - |
dc.date.accessioned | 2015-10-05T04:46:33Z | - |
dc.date.available | 2015-10-05T04:46:33Z | - |
dc.date.issued | 2013 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63855 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan di SMA Rambipuji Jember. Dengan subjek penelitiannya siswa kelas X 5. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas X 5 SMA Rambipuji Jember, pada mata pelajaran sejarah melalui implementasi metode inquiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan documenter. Dengan metode inquiri siswa diberikan kesempatan untuk menemukan sendiri pengetahuannya. Berdasarkan hasil observasi dan tes hasil belajar siswa, dapat diketahui bahwa proses yang dilihat dari aktivitas siswa pada saat proses inquiri dan pada waktu presentasi serta hasil belajar siswa telah mengalami meningkat pada setiap siklus. Hasil analisis observasi aktivitas siswa pada saat proses inquri pada siklus I rata-rata aktivitas siswa 73,7% dan persentase klasikal aktivitas siswa 75%, sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas siswa pada saat proses inquiri meningkat menjadi 77,2% dan presentase klasikal aktivitas siswa 80,5%. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa pada saat presentasi pada siklus I 70,6% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ratarata 76,1% dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 77,7% sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 81,9% dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal 83,3%. Sedangkan karakter siswa pada siklus I 76,8% maningkat pada siklus II menjadi 80,2%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode inquiri dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada siswa kelas X 5 SMA Rambipuji Jember. | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa; | - |
dc.subject | Metode pembelajaran inquiri | en_US |
dc.subject | proses dan hasil pembelajaran sejarah | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA RAMBIPUJI JEMBER KELAS X 5 2012/2013 | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ferirur Rahman.pdf | 296.83 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.