Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63775
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRiandani Sarwindah Putri-
dc.contributor.authorSusanto-
dc.contributor.authorDian Kurniati-
dc.date.accessioned2015-10-05T01:55:53Z-
dc.date.available2015-10-05T01:55:53Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63775-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan metakognisi yang dimiliki siswa kelas VII-C di SMP Negeri 1 Genteng dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis Polya pada pokok bahasan garis dan sudut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain tes, wawancara dan think aloud. Subjek penelitian adalah 3 siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Genteng yang memiliki kemampuan berpikir matematika tinggi, sedang dan rendah. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain lembar kerja siswa setelah mengerjakan tes tertulis, hasil think aloud siswa saat mengerjakan, dan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa siswa telah dapat melewati indikator-indikator keterampilan metakognitif dengan baik. Berdasarkan kelengkapan dari keterampilan metakognisi siswa menghasilkan tiga poin. Pertama, siswa berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi hampir semua indikator pada keterampilan perencanaan, keterampilan pemantauan dan keterampilan penilaian. Siswa tersebut kurang mampu memenuhi indikator memprediksi waktu yang digunakan dengan baik pada setiap soal. Kedua, siswa berkemampuan matematika sedang mampu memenuhi sebagian indikator pada keterampilan perencanaan, pemantauan dan penialaian. Siswa tersebut kurang mampu menguasai indikator memikirkan penyelesaian dengan cara lain, memprediksi konsep yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan, dan melaksanakan dengan cara lain. Dan yang terakhir pada siswa berkemampuan matematika rendah belum dapat memenuhi sebagian besar indikator pada semua keterampilan.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectketerampilan metakognisien_US
dc.subjectketerampilan pemantauanen_US
dc.subjectketerampilan penilaianen_US
dc.subjectketerampilan perencanaanen_US
dc.titleAnalisis Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Polya Subpokok Bahasan Garis dan Sudut Kelas VII-C di SMP Negeri 1 Genteng Banyuwangien_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RIANDANI SARWINDAH PUTRI.pdf270.78 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.