Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63765
Title: Penerapan Metode Mnemonik dengan Media Kartu Berpasangan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Biologi Kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Jember
Authors: DEWANTI, Reivani Ayuning
PRIHATIN, Jekti
APRILYA, Sulifah H.
Keywords: HASIL BELAJAR
MEDIA KARTU BERPASANGAN
METODE MNEMONIK
MOTIVASI BELAJAR
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Penerapan sistem pembelajaran yang kurang tepat membuat materi sulit dipelajari dan tidak dapat diingat dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi sistem belajar terbaru untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dalam hal motivasi pun tergantung dari metode pembelajaran yang digunakan. Jika metode yang digunakan mampu mengajak siswa secara aktif maka motivasi siswa akan cenderung meningkat. Penurunan hasil belajar disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu diantaranya adalah kurangnya motivasi belajar siswa dan strategi pembelajaran yang masih banyak didominasi oleh metode ceramah. Penerapan metode mnemonik dengan  media kartu berpasangan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran biologi kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Jember. Hasil yang didapatkan dari pembelajaran yang dilaksanakan terjadi peningkatan motivasi belajar, pada aspek Attention mengalami peningkatan sebesar 2,80 atau 8,75%; pada aspek Relevance mengalami peningkatan sebesar 3,06 atau 10,96%; pada aspek Confidence mengalami peningkatan sebesar 2,10 atau 7,50%; dan pada aspek Satisfaction mengalami peningkatan sebesar 1,80 atau 5,63%. Pada aspek kognitif dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 20% yaitu dari 56,67% menjadi 86,67%. Untuk aspek afektif mengalami peningkatan rata-rata capaian sebesar 6,83 dari 66,82 menjadi 73,65.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63765
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REIVANI AYUNING DEWANTI.pdf261.36 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.