Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63763
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ANJANI, Ratna Puji | |
dc.contributor.author | MASYHUD, M. Sulthon | |
dc.contributor.author | FITRIYAH, Chumi Zahroul | |
dc.date.accessioned | 2015-10-05T01:08:07Z | |
dc.date.available | 2015-10-05T01:08:07Z | |
dc.date.issued | 2015 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63763 | |
dc.description.abstract | Penggunaan metode yang tepat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton dapat membuat siswa merasa bosan mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa pasif di dalam kelas serta hasil belajar yang kurang optimal. Metode Role Playing merupakan salah satu metode alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan potensi siswa memahami pembelajaran melalui sarana yang menyenangkan sehingga merangsang siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas III tema keperluan sehari-hari subtema jenis-jenis pekerjaan di SDN Dabasah 3 Bondowoso. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas III SDN Dabasah 3 Bondowoso yang yang masing-masing berjumlah berjumlah 29 siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain pretes-postest control group design. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan tes, namun data yang dianalisis yaitu tes. Skor tes siswa berupa selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test untuk kelas eksperimen 13,09 dan kelas kontrol sebesar 7,57 yang kemudian dianalisis dengan rumus uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00 sehingga diperoleh t-hitung= 3,629 dengan keefektifan relatif sebesar 53,49%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t-test > t-tabel (3,629 > 2,003), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas III tema keperluan sehari-hari subtema jenis-jenis pekerjaan di SDN Dabasah 3 Bondowoso | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | METODE ROLR PLAYING | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR | en_US |
dc.subject | PENELITIAN EKSPERIMEN | en_US |
dc.subject | KURIKULUM KTSP | en_US |
dc.title | Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Keperluan Sehari-hari Subtema Jenis-jenis Pekerjaan di | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
RATNA PUJI ANJANI.pdf | 265.84 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.