Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63749
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading |
Authors: | PRANATA, Eko Yudha SURATNO WALUYO, Joko |
Keywords: | CIRC HASIL BELAJAR KEMAMPUAN KOMUNIKASI PROBLEM SOLVING |
Issue Date: | 2013 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | CIRC merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang mengintegrasikan suatu bacaan secara menyeluruh kemudian mengkomposisikannya menjadi bagian-bagian yang penting. Untuk mengatasi kelemahan model pembelajaran ini, CIRC dikombinasikan dengan metode problem solving yang merupakan metode untuk memecahkan permasalahan berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki. Peniliian ini adalah penelitan quasi dan menggunakan dua kelas untuk sampel penelitian yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC dengan metode problem solvingterhadap keterampilan komunikasi lisan dan tertulis serta serta hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, penerapan model pembelajaran CIRC dengan metode problem solving memiliki dampak yang signifikan pada keterampilan komunikasi lisan dan tertulis siswa (sig = 0.000). Penerapan model pembelajaran CIRC dengan metode problem solvingtidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar(sig = 0,476) tetapi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai afektif siswa (sig = 0.00) |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63749 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
EKO YUDHA PRANATA.pdf | 137.35 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.