Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63746
Title: PENERAPAN STRATEGI SQ3R DENGAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH
Authors: Radna Dwi Astuti
Sri Handayani
Nurul Umamah
Keywords: Strategi SQ3R dengan metode Buzz Group
Motivasi Belajar
Hasil Belajar Peserta Didik
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang tepatnya penggunaan strategi yang digunakan pendidik yaitu pembelajaran langsung dimana pendidik masih menjadi pusat dari pembelajaran. Peserta didik belajar hanya untuk memperoleh pengetahuan dari pendidik. Akibatnya motivasi belajar peserta didik rendah dan hasil belajar belum mencapai ketuntasan. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar sejarah menggunakan strategi SQ3R dengan metode Buzz Group pada peserta didik kelas X-IIS 2 SMAN Kunir-Lumajang. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan April-Mei 2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-IIS 2 dengan jumlah sebanyak 33 peserta didik. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar peserta didik. Motivasi belajar peserta didik secara klasikal pada siklus 1 memperoleh skor 2,81 berkriteria sedang, pada siklus 2 meningkat 0,64 menjadi 3,45 dengan kriteria tinggi, dan pada siklus 3 meningkat 0,43 menjadi 3,88 berkriteria tinggi. Hasil belajar peserta didik pada siklus 1 memperoleh 72,73%, pada siklus 2 meningkat 12,12% menjadi 84,85%, dan pada siklus 3 meningkat 10,09% menjadi 94,94%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi SQ3R dengan metode Buzz Group dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X-IIS 2 SMAN Kunir-Lumajang.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63746
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RADNA DWI ASTUTI.pdf295.03 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.