Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63725
Title: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN: MATERI AJAR
Authors: Pramita Dian Anggraeni
Suhartiningsih
Hari Satrijono
Keywords: perangkat pembelajaran
materi ajar
media pembelajaran
keterampilan berberbicara
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Perangkat pembelajaran merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia , di samping itu materi ajar dan media pembelajaran sangat diperlukan untuk penunjang pemahaman belajar siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengorganisasikan isi/materi ajar dan memproduksi media pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar keterampilan berbicara bahasa Indonesia untuk kelas III SD. Model pengembangan mengacu pada model pengembangan 4-D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang terdiri dari tahap : 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop), dan 4) penyebaran (disseminate). Hasil pengembangan berupa materi ajar dan media pembelajaran yang valid , praktis, dan efektif. Materi ajar yang valid, praktis dan efektif menunjukkan bahwa perangkat layak dan mudah digunakan yang terbukti dari persentase aktivitas guru selama enam kali pertemuan yaitu mencapai 90%, 90%, 91,41, 91,41, 92,85%, 92,85%. Dan hasil persentase aktivitas belajar siswa dalam 6 kali pertemuan mencapai 81,53%, 81,92%, 83,45%, 84,99%, 85,76%, dan 86,91%. Serta persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu > 80%. Data tersebut menunjukkan bahwa Pengembangan Perangkat: Materi Ajar dan Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Kemuningsari Kidul 02 Jenggawah mencapai tujuan pembelajaran
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63725
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PRAMITA DIAN ANGGRAENI.pdf240.2 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.