Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63717
Title: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN MELALUI
Authors: Nurvina Mawaddah
Arju Muti’ah
Rusdhianti Wuryaningrum
Keywords: penerapan metode diskusi berbasis pembelajaran kontekstual
peningkatan kemampuan menulis laporan
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Kemampuan menulis laporan merupakan kemampuan yang perlu diajarkan kepada siswa. Kenyataan yang ada di SMPN 1 Puger Kabupaten Jember berdasarkan data nilai Bahasa Indonesia tahun ajaran 2012-2013, nilai menulis laporan siswa masih rendah. Rata-rata kelas VIIIA yaitu 40,10. Hal itu ditunjukkan dari laporannya yang masih tidak lengkap, tidak menggunakan fakta-fakta yang dapat dipercaya, dan tidak menggunakan ejaan yang benar. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dipilih metode diskusi berbasis pembelajaran kontekstual. Penerapan metode diskusi berbasis pembelajaran kontekstual digunakan untuk meningkatkan nilai menulis laporan siswa kelas VIIIA SMPN 1 Puger. Desain penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri atas dua siklus dimulai dari pengamatan awal, perencanaan, aksi, observasi, refleksi, perencanaan ulang, aksi, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai siswa. Nilai rata-rata siswa pada prasiklus yaitu 40,10 meningkat pada siklus I menjadi 69,05. Pada siklus II meningkat menjadi 73,27. Pada prasiklus tidak terdapat siswa yang memenuhi KKM meningkat pada siklus I menjadi 18 siswa yang memenuhi KKM. Pada siklus II meningkat menjadi terdapat 24 siswa yang memenuhi KKM. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi berbasis pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63717
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NURVINA MAWADDAH.pdf266.16 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.