Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63714
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNurul Fadilah-
dc.contributor.authorNanik Yuliati-
dc.contributor.authorHari Satrijono-
dc.date.accessioned2015-10-01T02:06:33Z-
dc.date.available2015-10-01T02:06:33Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63714-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas IVA SDN 01 Kebonsari Jember bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pendekatan saintifik berbantuan media video dan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dikarenakan terdapat permasalahan bahwa keterampilan berbicara siswa masih rendah sehingga diperlukan suatu pendekatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran ini adalah pendekatan saintifik yang dibantu dengan media video. Dalam pendekatan saintifik siswa melakukan kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan, dimana kegiatan tersebut dapat melatih siswa untuk berbicara. Serta penggunaan media video agar siswa dapat memperoleh persepsi yang sama dalam menerima materi pelajaran dan membantu mengingat kembali materi sehingga lebih mudah berbagi pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 51 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan pendekatan saintfik berbantuan media video adalah sebanyak dua siklus. Siklus I dan siklus II terdiri atas satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas IVA SDN 01 Kebosari Jember meningkat. Peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintfik berbantuan media video dapat diketahui dari perbandingan nilai keterampilan berbicara siswa prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus sebanyak 20 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 40%. Setelah diterapakan tindakan siklus I, Sebanyak 36 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 71%. Keterampilan berbicara siswa setelah dilakukan siklus II, sebanyak 43 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 83%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintfik berbantuan media video dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IVA SDN 01 Kebonsari Jember.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectpendekatan saintifiken_US
dc.subjectmedia videoen_US
dc.subjectketerampilan berbicara.en_US
dc.titlePeningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Video Pada Siswa Kelas IVA SDN 01 Kebonsari Jember Tahun Pelajaran 2014/2015en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NURUL FADILAH.pdf255.54 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.