Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63694
Title: Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Siswa Kelas VB SD Negeri Kunir Lor 01 Lumajang Tahun Ajaran 2014-2015
Authors: KURNIA, Novia Ragil
BELTIARSO, Singgih
AGUSTININGSIH
Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI
AKTIVITAS BELAJAR SISWA
HASIL BELAJAR SISWA
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Hasil observasi pembelajaran IPA di kelas SD Negeri Kunir Lor 01 Lumajang  masih berpusat pada guru (teacher centered). Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dalam proses pembelajaran di kelas yang tentunya dapat berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan dipilih model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Subjek penelitian ini adalah siswa VB dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan ditunjukkan pada aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II naik menjadi 85%. Hasil belajar rata-rata siswa pada siklus I sebesar 73,33 pada siklus II naik menjadi 82,33. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran tipe TAI dalam mata pelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB di SDN Kunir Lor 01 Lumajang.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63694
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NOVIA RAGIL KURNIA.pdf254.69 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.