Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63681
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNimas Ayu Mustikawati-
dc.contributor.authorSusanto-
dc.contributor.authorNurcholif Diah Sri Lestari-
dc.date.accessioned2015-09-30T07:06:45Z-
dc.date.available2015-09-30T07:06:45Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63681-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode TAPPS, mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII B SMPN 11 Jember Tahun Ajaran 2014/2015 pada sub pokok bahasan Operasi Himpunan. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus pembelajaran dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B dengan jumlah 38 siswa. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 89,38% sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai persentase sebesar 95,45%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,78% dan pada siklus II sebesar 81,54%. Sedangkan dan persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 70,27 % dan pada siklus II sebesar 78,37%.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectpenelitian tindakan kelasen_US
dc.subjectpembelajaran kooperatifen_US
dc.subjectmetode TAPPSen_US
dc.subjectaktivitas siswa, hasil belajar siswa.en_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasilen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NIMAS AYU MUSTIKAWATI.pdf264.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.