Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63671
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNanis Dwi Utari-
dc.contributor.authorHari Satrijono-
dc.contributor.authorSihono-
dc.date.accessioned2015-09-30T01:25:44Z-
dc.date.available2015-09-30T01:25:44Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63671-
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Brayublandong Mojokerto menggunakan kurikulum 2013 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemempuan membaca pemahaman cerita anak tema cita-citaku pada siswa kelas IV SDN Brayublandong Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain pre-test pos-test control group design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 41 siswa yang terdiri dari kelas IV-A dan IV-B. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan tes yang diadakan sebanyak dua kali yakni sebelum dan sesudah eksperimen (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata post-test dan pre-test untuk kelas eksperimen adalah 25,65. Selisih nilai rata-rata post-test dan pre-test untuk kelas kontrol sebesar 11,47. Kedua kelas sama-sama mengalami perubahan, namun pada kelas eksperimen nilai siswa mengalami perubahan yang lebih signifikan dibandingkan dengan rata-rata nilai pada kelas kontrol. Hasil selisih kedua kelas tersebut dilakukan uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 16.00 dan diperoleh bahwa hasil t hitung > t tabel yaitu 11,295 > 2,01995, sehingga dapat disimpulkan bahwa  ada pengaruh positif yang signifikan penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemempuan membaca pemahaman cerita anak tema cita-citaku pada siswa kelas IV SDN Brayublandong Mojokertoen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectstrategi belajar Directed Reading Thinking Activityen_US
dc.subjectkemampuan membaca pemahamanen_US
dc.subjectpenelitian eksperimenen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Anak Siswa Kelas IV SDN Brayublandong Mojokertoen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NANIS DWI UTARI.pdf264.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.