Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63650
Title: Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dalam Pembentukan Konsep Fisika Siswa SMA di Kabupaten Jember
Authors: UTAMI, Millathina Puji
INDRAWATI
SUTARTO
Keywords: HASIL BELAJAR SISWA
KETERAMPILAN PROSES SAINS
MODEL CHILDERN LEARNING in SCIENCE
PEMBENTUKAN KONSEP
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model CLIS pada materi fisika baru (elastisitas dan hukum Hooke) terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa dan keterampilan proses sains di SMA Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan selama 7-21 Januari 2015, menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain tes, observasi, portofolio, dokumentasi, dan wawancara. Hasil belajar fisika siswa diperoleh dari skor post test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan desain post test only control design, sedangkan keterampilan proses sains diperoleh dari observasi dan lembar kegiatan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Independent Sample T-Test untuk hasil belajar kognitif fisika siswa dan analisis deskriptif untuk persentase keterampilan proses sains. Hasil Sig. (2-tailed) pada pertemuan pertama adalah 0,000 dan 0,000 pada pertemuan kedua. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa model CLIS berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran fisika materi baru di SMA Kabupaten Jember. Persentase rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen pada pertemuan pertama adalah 90,63% dan 89,41% pada pertemuan kedua. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model CLIS termasuk dalam kriteria baik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63650
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MILLATHINA PUJI UTAMI.pdf258.49 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.