Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63637
Title: Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa
Authors: JANNAH, Ma'rifatul
MUCHTAR, Imam
FITRIYAH, Chumi Zahroul
Keywords: METODEROLE PLAYING
HASIL BELAJAR
PENELITIAN EKSPERIMEN
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Salah satu hal yang harus dimiliki oleh guru untuk mendukung keberhasilan implementasi kurikulum 2013 adalah menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar dan mengembangkan kompetensi peserta didik. Dalam metode role playing, siswa dapat berperan dan berperilaku seperti orang lain sesuai dengan skenario yang telah disusun oleh guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema cita-citaku di SDN Panti 01 Jember semester II tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN Panti 01 Jember yang berjumlah 51 siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain pretes-postest control group design. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, namun data yang dianalisis yaitu tes. Skor tes siswa berupa selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test untuk kelas eksperimen 42,12 dan kelas kontrol sebesar 30,38 yang kemudian dianalisis dengan rumus uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00 sehingga diperoleh thitung= 3,919 dengan keefektifan relatif sebesar 38,62%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,919 > 2,010), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema cita-citaku di SDN Panti 01 Jember semester II tahun pelajaran 2014/2015.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63637
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MA'RIFATUL JANNAH.pdf263.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.