Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63636
Title: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Murder Kelas X SOS SMA Negeri 1 Maron Probolinggo Tahun Ajaran 2014/2015
Authors: MARJONO,
Agus Wijaya,
Nurul Umamah
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN MURDER
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
HASIL BELAJAR
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Paradigma pembelajaran saat ini mengalami perubahan yang semula berpusat pada pendidik menjadi berpusat pada peserta didik. Pendidik diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik aktif dalam proses pembelajaran . Faktanya penggunaan model pembelajaran belum maksimal hal ini mengakibatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik belum maksimal. Permasalahan tersebut dapat dipecahkan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Murder. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X Sos SMAN 1 Maron. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berikir kritis secara klasikal dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 20,21% dengan kategori baik, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 10,67% dengan kategori baik. Hasil belajar aspek kognitif dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 10%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 18,17%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran murder dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X Sos SMAN 1 Maron Probolinggo.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63636
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
M .AGUS WIJAYA.pdf281.02 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.