Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63635
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNURUL UMAMAH,
dc.contributor.authorLyndha Maulina Dwijayanti,
dc.contributor.authorMoh. Na'im
dc.date.accessioned2015-09-28T01:53:48Z
dc.date.available2015-09-28T01:53:48Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63635
dc.description.abstractTujuan pembelajaran sejarah yaitu peserta didik dapat berpikir sistematis dan runtut atas peristiwa masa lampau. Faktanya peserta didik cenderung pasif, kemampuan berpikir kritis kurang sehingga hasil belajar rendah. Permasalahan tersebut dapat dipecahkan melalui penerapan pendekatan scientific dengan metode inquiry. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Tenggarang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis secara klasikal dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 7,14% dengan kategori cukup baik, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 14,01% dengan kategori baik. Hasil belajar aspek kognitif dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 16,66%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 19,04%. Hasil belajar aspek psikomotor dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 8,26%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 8,29%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan scientific dengan metode inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Tenggarang.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPENDEKATAN SCIENTIFICen_US
dc.subjectMETODE INQURYen_US
dc.subjectBERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Scientific Dengan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasilen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LYNDHA MAULINA DWIJAYANTI.pdf301.64 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.