Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63634
Title: | PERAN PENDIDIK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI POS PAUD CEMPAKA PUTIH KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN SITUBONDO |
Authors: | Luluk Dwi Rahmatika A.T. Hendrawijaya Niswatul Imsiyah |
Keywords: | Peran Pendidik Perkembangan Sosial Anak |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh kondisi anak, peran orang tua dan lingkungan sosialnya, terutama peran pendidik. Tugas peran pendidik sebagai fasilitator dan teladan bagi anak dapat membantu dalam memberikan stimulus kepada anak sehingga interaksi sosial akan berlangsung secara efektif. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana peran pendidik dalam perkembangan sosial anak di POS PAUD Cemapaka Putih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo, tujuan dari penelitian iniĀ adalah untuk mengetahui peran pendidik dalam perkembangan sosial anak di POS PAUD Cemapaka Putih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif. Tempat yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah POS PAUD Cempaka Putih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode Purposive Area. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkaan bahwa peran pendidik sebagai fasilitator dan menjadi teladan bagi anak di POS PAUD Cempaka Putih dalam menanamkan nilai-nilai sosial berupa sikap kerjasama, sikap disiplin dan rasa empati anak. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63634 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
LULUK DWI RAHMATIKA.pdf | 244.55 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.