Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63627
Title: LKS dengan Soal yang dilengkapi Foto Kejadian Fisika dalam Pembelajaran Gerak Lurus di SMA
Authors: ANDRIYANI, Lilis
SUTARTO
HARIJANTO, Alex
Keywords: LKS dengan SOAL yang di LENGKAPI FOTO KEJADIAN FISIKA
HASIL BELAJAR
AKTIVITAS BELAJAR SISWA
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Lembar kerja siswa (LKS) dengan soal yang dilengkapi foto kejadian fisika adalah lembaran-lembaran yang berisi materi dan latihan berupa foto kejadian fisika yang mengandung suatu permasalahan dalam bentuk soal untuk dipecahkan atau dianalisis melalui diskusi dengan menggunakan konsep-konsep fisika yang memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan menguasai materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penerapan LKS dengan soal yang dilengkapi foto kejadian fisika terhadap hasil belajar fisika siswa dan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan LKS dengan soal yang dilengkapi foto kejadian fisika. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, menggunakan desain time series design. Penelitian telah selesai dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan uji t dengan db=35 pada taraf signifikansi 5% menunjukkan nilai t hitung > t tabel. Secara keseluruhan, rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemeuan 1, 2 dan 3 adalah 73,79%. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan LKS dengan soal yang dilengkapi foto kejadian fisika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika. (2) aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan LKS dengan soal yang dilengkapi foto kejadian fisika digolongkan dalam kategori aktif.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63627
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LILIS ANDRIYANI.pdf256.96 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.