Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63618
Title: | Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X IPA 2 di SMA Negeri 3 Jember |
Authors: | Karina Siti Putrianingsih Hobri Toto' Bara Setiawan |
Keywords: | keterampilan evaluasi keterampilan merencanakan keterampilan metakognisi keterampilan monitoring keterampilan prediksi |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan metakognisi yang dimiliki siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 3 Jember dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan SPLDV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA 2 yang mengikuti tes dan wawancara berdasarkan hasil analisis. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain lembar siswa setelah mengerjakan tes soal cerita kemudian dianalisis untuk mengklasifikasikan tingkat kemampuan matematika sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah dan hasil wawancara untuk mengetahui kelengkapan keterampilan metakognisi yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian. Namun, berdasarkan hasil analisi data pada penelitian ini menghasilkan bahwa dari kelas X IPA 2 tidak ditemukan siswa dengan kemampuan matematika rendah. Berdasarkan kelengkapan dari keterampilan metakognisi siswa menghasilkan empat poin. Pertama, siswa berkemampuan matematika sangat tinggi mampu memenuhi semua keterampilan yaitu keterampilan perencanaan, keterampilan monitoring dan keterampilan evaluasi terkecuali keterampilan prediksi. Kedua, siswa yang berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi dua keterampilan yang meliputi keterampilan perencanaan dan keterampilan evaluasi namun tidak memenuhi keterampilan prediksi dan keterampilan monitoring. Ketiga, siswa berkemampuan matematika sedang hanya mampu memenuhi satu keterampilan saja yaitu keterampilan evaluasi dan tidak memenuhi ketiga keterampilan lainnya yaitu keterampilan perencanaan, keterampilan prediksi dan keterampilan monitoring. Dan yang terakhir pada siswa berkemampuan matematika sangat rendah belum dapat memenuhi keempat keterampilan metakognisi tersebut. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63618 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
KARINA SITI PUTRIANINGSIH.pdf | 324.81 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.