Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63598
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHegusti Dunfa Safa Irianto-
dc.contributor.authorSumarno-
dc.contributor.authorMarjono-
dc.date.accessioned2015-09-25T08:33:16Z-
dc.date.available2015-09-25T08:33:16Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63598-
dc.description.abstractSitus Seputih adalah salah satu peninggalan budaya Megalitikum yang ada di Jember. Situs Seputih sebagai benda purbakala peninggalan kebudayaan Megalitikum memiliki historisitas yang cukup tinggi dengan kehidupan masa lampau. Dilihat dari aspek pendidikan situs Seputih memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran sejarah. Situs Seputih memiliki relevansi dengan kurikulum dan materi pelajaran sejarah pada kelas VII semester gasal tingkat SMP dan kelas X semester gasal tingkat SMA. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji historisitas situs Seputih dan mengkaji pemanfaatan situs Seputih sebagai media pembelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah penelitian heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Peninggalan benda-benda purbakala di situs Seputih terdiri atas sarkopagus, batu lumpang, batu kangkang, batu gandik, dan dolmen. Benda-benda purbakala tersebut ada karena tradisi budaya serta masyarakat pendukung tradisi budaya di situs Seputih. Situs Seputih dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran berupa media gambar, yakni media papan flanel dan media slide.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectHistorisitasen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectSitus Seputihen_US
dc.titlePEMANFAATAN SITUS SEPUTIH DI DESA SEPUTIH KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAHen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HEGUSTI DUNFA SAFA IRIANTO.pdf267.89 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.