Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63583
Title: | Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi |
Authors: | Fita Natalia Iis Asyiah Sulifah Aprilia |
Keywords: | hasil belajar siswa aktivitas siswa inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Inkuiri terbimbing adalah salah satu cara untuk belajar atau studi yang mencari solusi dari masalah dengan cara yang kritis, analitis, ilmiah dan menggunakan langkah-langkah tertentu menuju suatu kesimpulan yang meyakinkan karena didukung oleh data atau fakta. Dengan model ini, guru memiliki tujuan, yaitu bahwa siswa didorong untuk melakukan pekerjaan dan secara aktif mencari mereka sendiri dan belajar dengan kelompok. Mereka harus mengekspresikan pendapat mereka dan merumuskan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa di dalam kelas. . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama dan siklus kedua. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan perbaikan hasil belajar dan aktivitas siswa di dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini, dipandu model pembelajaran inquiry dengan metode eksperimen mengungkapkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Rata-rata siswa ranah kognitif di kelas meningkat 15% sedangkan rata-rata siswa ranah psikomotor di kelas meningkat 4,7%, sedangkan rata-rata aktivitas siswa meningkat 8,82%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan metode eksperimen dapat digunakan sebagai model yang tepat dalam proses belajar mengajar. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63583 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FITA NATALIA.pdf | 247.47 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.