Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63583
Title: Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi
Authors: Fita Natalia
Iis Asyiah
Sulifah Aprilia
Keywords: hasil belajar siswa
aktivitas siswa
inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Inkuiri terbimbing adalah salah satu cara untuk belajar atau studi yang mencari solusi dari masalah dengan cara yang kritis, analitis, ilmiah dan menggunakan langkah-langkah tertentu menuju suatu kesimpulan yang meyakinkan karena didukung oleh data atau fakta. Dengan model ini, guru memiliki tujuan, yaitu bahwa siswa didorong untuk melakukan pekerjaan dan secara aktif mencari mereka sendiri dan belajar dengan kelompok. Mereka harus mengekspresikan pendapat mereka dan merumuskan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa di dalam kelas. . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama dan siklus kedua. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan perbaikan hasil belajar dan aktivitas siswa di dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini, dipandu model pembelajaran inquiry dengan metode eksperimen mengungkapkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Rata-rata siswa ranah kognitif di kelas meningkat 15% sedangkan rata-rata siswa ranah psikomotor di kelas meningkat 4,7%, sedangkan rata-rata aktivitas siswa meningkat 8,82%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri  dengan metode eksperimen dapat digunakan sebagai model yang tepat dalam proses belajar mengajar.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63583
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FITA NATALIA.pdf247.47 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.