Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63581
Title: Pengembangan Tes Matematika Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Authors: Ferina Widya Wiyanti
Hobri
Dinawati Trapsilasiwi
Keywords: kemampuan berpikir tingkat tinggi
matematika SMP
model 4D Thiagarajan
tes
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan memperoleh hasil pengembangan paket tes matematika kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) yang mengacu pada metode pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas oleh validator, analisis kevalidan butir soal, uji daya beda, uji taraf kesukaran, dan uji reliabilitas paket tes. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, diperoleh interpretasi validitas sangat tinggi, dengan koefisien validitas sebesar 0,867. Analisis kevalidan butir soal pada uji coba pertama, yaitu pada dua orang siswa (one to one) diperoleh 11 soal dengan intrepretasi validitas sangat tinggi dan 1 soal dengan interpretasi validitas tidak valid. Pada uji coba kedua, yaitu pada 32 orang siswa (large class) diperoleh 1 butir soal dengan interpretasi validitas sangat tinggi, 3 butir soal dengan validitas tinggi, 5 butir soal validitas sedang, dan 3 butir soal dengan validitas rendah. Pada uji daya beda, dalam uji coba pertama diperoleh 9 butir soal dengan daya beda baik dan 3 butir soal dengan daya beda jelek. Dalam uji coba kedua diperoleh 4 butir soal dengan daya beda cukup dan 8 butir soal dengan daya beda jelek. Pada uji taraf kesukaran, uji coba pertama dan kedua diperoleh 75% soal dengan kategori sukar dan 25% dengan kategori sedang. Pada uji reliabilitas paket tes, dalam kedua uji coba diperoleh interpretasi validitas sangat tinggi dengan hasil koefisien reliabilitas berturut-turut sebesar 0,981 dan 0,828. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan paket tes matematika kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika pada siswa SMP telah memenuhi persyaratan tes yang baik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63581
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FERINA WIDYA WIYANTI.pdf270.23 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.