Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63579
Title: Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Di SDN Karangrejo 02 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015
Authors: PUTRI, Ferdina Aristya
NURIMAN
AGUSTININGSIH
Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL),
AKTIVITAS BELAJAR
HASIL BELAJAR SISWA
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Penerapan metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Metode pembelajaran yang berlangsung di SDN Karangrejo 02 Jember belum bervariasi, misalnya tidak ada pembelajaran berkelompok dan jarang menggunakan metode eksperimen. Oleh karena itu dipilih pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) agar dapat membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran karena materi yang diajarkan berkaitan dengan dunia nyata siswa dan siswa mengalami sendiri dalam memperoleh pengetahuannya melalui metode eksperimen, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami konsep dari materi yang dipelajari. Penelitian pokok bahasan energi panas dan bunyi melalui penerapan contextual teaching and learning (CTL) di SDN Karangrejo 02 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan prosedur penelitian pada setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 02 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IVA yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 61,65% dan pada siklus II sebesar 76,65% dengan peningkatan sebesar 15%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,63 dan pada siklus II sebesar 70,68 dengan peningkatan sebesar 1,05. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada pokok bahasan energi panas dan bunyi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Karangrejo 02 Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63579
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FERDINA ARISTYA PUTRI.pdf264.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.