Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63578
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorROHMAWATI, Feni
dc.contributor.authorMARDIATI, Yayuk
dc.contributor.authorSIHONO
dc.date.accessioned2015-09-25T06:42:19Z
dc.date.available2015-09-25T06:42:19Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63578
dc.description.abstractPembelajaran tematik di SDN Sidomukti 1 Probolinggo lebih sering menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi dan belum pernah menerapkan metode role playing dalam pembelajaran. Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, oleh sebab itu diterapkan pembelajaran menggunakan metode role playing di SDN Sidomukti 1 Probolinggo dengan subjek berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode role playing adalah salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru sebagai dasar dalam melaksanakan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model skema yang diadaptasi dari Hopkins. Hasil observasi menunjukkan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 44,16%  (kategori kurang aktif), mengalami peningkatan sebesar 15,83% pada siklus 1. Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 59,99% (kategori cukup aktif) meningkat pada siklus II sebesar 71,10% (kategori aktif), sehingga meningkat sebesar 11,12%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 65,06 meningkat sebesar 5,48 pada siklus 1. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 70,54 meningkat sebesar 6,42 dan pada siklus II sebesar 76,97. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV tema berbagai pekerjaan di SDN Sidomukti 1 Probolinggo.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMETODE ROLE PLAYINGen_US
dc.subjectPENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK),en_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJAR SISWAen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePenerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Berbagai Pekerjaan di SDN Sidomukti 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Feni Rohmawati.pdf256.78 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.