Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63575
Title: Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL)
Authors: YUNANDASARI, Febry Dwi
SURATNO
HARIANI, Sulifah Aprilya
Keywords: PROBLEM BASED LEARNING(PBL)
OPEN-ENDED
PEMECAHAN MASALAH
HASIL BELAJAR
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan assessment tipe soal open endeddi kelas X2 SMA Negeri 1 Pesanggaran tahun pelajaran 2014/2015. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Tahapan satu siklus meliputi: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) dengan assessmenttipe soal open endeddi kelas X2 SMA Negeri 1 Pesanggaran tahun pelajaran 2014/2015
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63575
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FEBRY DWI YUNANDASARI.pdf282.32 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.