Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63572
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFATIMAH
dc.contributor.authorNURIMAH
dc.contributor.authorAGUSTININGSIH
dc.date.accessioned2015-09-25T06:15:48Z
dc.date.available2015-09-25T06:15:48Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63572
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran IPA di kelas III SDN Tangsil Kulon 02 Bondowoso dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Model pembelajaran CLIS adalah sebuah model pembelajaran yang berdasarkan pada pendekatan konstruktivisme dan pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa dituntun untuk menemukan konsep IPA melalui pengalaman, pengetahuan, dan konsep-konsep IPA dengan melakukan percobaan yang telah dilakukan bersama kelompok mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 22 orang siswa, terdiri dari 17 laki-laki dan 5 perempuan. Data aktivitas siswa diperoleh melalui observasi dan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, aktivitas siswa pada siklus I sebesar 54,54% dan pada siklus II mengalami peningkatan hingga menjadi 95,45%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,18% dan pada siklus II mengalami peningkatan hingga menjadi 81,82%.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectCHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS),en_US
dc.subjectAKTIFITASen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuken_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FATIMAH.pdf264.9 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.