Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63563
Title: | Pengaruh Model Problem based Instruction Disertai Modul Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN 14 Jember |
Authors: | Eva Yulis Irviyanti Albertus Djoko Lesmono Sudarti |
Keywords: | Learning achievement problem based instruction models and sientific attitude |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model problem based instruction disertai modul terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar ipa siswa kelas VIII di SMPN 14 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling area. Hasil penelitian pertama berupa skor sikap ilmiah dari masing-masing indikator pada sikap ilmiah siswa dengan rata-rata skor sikap ilmiah siswa kelas eksperimen yaitu obyektif 7,17, kritis 15,42, kreatif 19,33, terbuka 10,08 dan tidak mudah putus asa 9,47 dan rata-rata skor sikap ilmiah kelas kontrol yaitu obyektif 6,7, kritis 13,67, kreatif 16,86, terbuka 8,87 dan tidak mudah putus asa 9,04, sedangkan hasil uji independent t-sample sebesar 0,000. Hasil penelitian kedua berupa nilai post-test sebagai indikator hasil belajar. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 76,44 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 68,41, selanjutnya, hasil uji independent t-sample sebesar 0,000. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63563 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
EVA YULIS IRVIYANTI.pdf | 247.31 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.