Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63562
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorERNAWATI
dc.contributor.authorMUCHTAR, Imam
dc.contributor.authorFITRIYAH, Chumi Zahroul
dc.date.accessioned2015-09-23T01:04:49Z
dc.date.available2015-09-23T01:04:49Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63562
dc.description.abstractAbstrak Guru sebaiknya memilih pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa lebih berperan aktif membangun suatu konsep menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, prinsip yang ditemukan. Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal diperlukan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menarik selain yang disediakan dalam buku siswa kurikulum 2013. Salah satunya yaitu media audio visual. Media audio visual merupakan alat peraga yang bersifat dapat didengar dan dapat dilihat yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran yang berfungsi memperjelas atau mempermudah dalam memahami bahasa yang sedang dipelajari sehingga dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan siswa . Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V SDN Ajung 03 Jember yang berjumlah 89 siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain pretes-postest control group design. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, namun data yang dianalisis yaitu tes. Skor tes siswa berupa selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test untuk kelas eksperimen 21,77467 dan kelas kontrol sebesar 11,1631 yang kemudian dianalisis dengan rumus uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00 sehingga diperoleh t-hitung= 4,588 dengan keefektifan relatif sebesar 64,4340%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t-test > t-tabel ( 4,588 >  2,00247), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan saintifik berbantu media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V tema ekosistem di SDN Ajung 03 Jember.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPENDEKATAN SAINTIFIKen_US
dc.subjectMEDIA AUDIO VISUALen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectPENELITIAN EKSPERIMENen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Ekosistemen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ERNAWATI.pdf267.72 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.