Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63554
Title: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Tema Cita-citaku Pokok Bahasan Sudut pada Segitiga dan Segiempat Untuk Kelas IV SD
Authors: Eis Putri Wahyudi
Titik Sugiarti
Nanik Yuliati
Keywords: sudut
pendekatan CTL
perangkat pembelajaran.
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Dalam Kurikulum 2013 matematika terintegrasi dengan mata pelajaran lainnya pada satu tema. Sehingga yang terjadi adalah konsep dari matematika itu sendiri kurang mendominasi. Dari hal tersebut maka guru harus berusaha seoptimal mungkin untuk mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran, matematika harus diajarkan dengan suasana menyenangkan dan kondusif. Pembelajaran kontekstual dapat membantu guru mengaitkan isi materi pelajaran dengan keadaan dunia nyata siswa sehingga tujuan pembelajaran lebih mudah dicapai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berorientasi Pendekatan CTL agar sesuai dengan konteks siswa dalam membangun pengetahuan melalui pengalaman nyata. Model pengembangan mengacu pada model pengembangan 4-D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Tujuan penelitian ini untuk menelaah proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi Pendekatan CTL pokok bahasan sudut pada segitiga dan segiempat untuk kelas IV SD. Hasil pengembangan berupa RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang valid, praktis, dan efektif.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63554
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
EIS PUTRI WAHYUDI.pdf275.16 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.