Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63549
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorElla Ni'ma Diana-
dc.contributor.authorHari Satrijono-
dc.contributor.authorSuhartiningsih-
dc.date.accessioned2015-09-22T03:20:08Z-
dc.date.available2015-09-22T03:20:08Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63549-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini secara umum adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan. Berdasarkan tujuan tersebut latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar menulis karangan siswa kelas IVB di SDN Sumbersari 01 Jember pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember adalah dengan menerapkan pembelajaran kontekstual berbantuan media poster. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan pembelajaran kontekstual berbantuan media poster untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015?, serta bagaimanakah peningkatan hasil belajar menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember melalui penerapan pembelajaran kontekstual berbantuan media poster?. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB dengan jumlah 43 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan tpembelajaran kontekstual berbantuan media poster dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa. Hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas IVB SDN Sumbersari 01 Jember mengalami peningkatan sebesar 48,17% dari prasiklus ke siklus I. Pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,18%. Peningkatan sebesar 67,35% ditunjukkan dari prasiklus ke siklus II.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPembelajaran Kontrkstual berbantuan media posteren_US
dc.subjectkarangan dekripsien_US
dc.subjectPenelitian tindakan kelasen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IVB SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ELLA NI'MA DIANA.pdf261.97 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.