Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63544
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDwi Nur Aini-
dc.contributor.authorYayuk Mardiati-
dc.contributor.authorChumi Zahroul Fitriyah-
dc.date.accessioned2015-09-22T01:51:08Z-
dc.date.available2015-09-22T01:51:08Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63544-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar yang masih tergolong kurang pada kelas IV B di MIMA Hidayatul Mubtadi'in Jember pada pelajaran Pkn pokok bahasan globalisasi. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV B pada pelajaran Pkn pokok bahasan globalisasi melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) di MIMA Hidayatul Mubtadi'in Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B pada pelajaran Pkn pokok bahasan globalisasi melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) di MIMA Hidayatul Mubtai'in Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di MIMA Hidayatul Mubtadi'in Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B MIMA Hidayatul Mubtadi'in Jember yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) pada pra siklus yaitu dari 28.8 (kategori kurang aktif) pada siklus I menjadi 63.2 (kategori aktif). Dari siklus I, skor rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 63.2 (kategori aktif ) pada Siklus II menjadi 73.6 (kategori aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu dari 57.28 (kategori kurang) menjadi 74.56 (baik). Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari sikus I yaitu dari 74.56 (kategori baik) menjadi 80.48 (kategori sangat baik). .en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel pembelajaran Problem-Based Learning (PBL),en_US
dc.subjectaktivitas belajar siswaen_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI MIMA HIDAYATUL MUBTADI’IN JEMBERen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DWI NUR AINI.pdf267.3 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.