Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63539
Title: | Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Peta KonsepTerhadap Hasil Belajar |
Authors: | YULIANA, Dewi Masyhud MASYHUD, M. Sulton Rahayu |
Keywords: | SRATEGI BELAJAR PETA KONSEP HASIL BELAJAR PENELITIAN EKSPERIMEN KURIKULUM KTSP |
Issue Date: | 2015 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Mangli Jember menggunakan kurikulum KTSP dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi belajar peta konsep terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS tema keperluan sehari-hari pada siswa kelas III. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain pre-test pos-test control group design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 70 siswa yang terdiri dari kelas IV-A dan IV-B. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan tes yang diadakan sebanyak dua kali yakni sebelum dan sesudah eksperimen (pre-test dan post-test).Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata post-test dan pre-test untuk kelas eksperimen adalah 23,43. Selisih nilai rata-rata post-test dan pre-test sebesar 10,66. Kedua kelas sama-sama mengalami perubahan, namun pada kelas eksperimen nilai siswa mengalami perubahan yang lebih signifikan dibandingkan dengan rata-rata nilai pada kelas kontrol. Hasil selisih kedua kelas tersebut dilakukan uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 16.00 dan diperoleh bahwa hasil t hitung > t tabel yaitu 4,878 > 1,9973, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan strategi belajar peta konsep terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS tema keperluan sehari-hari pada siswa kelas III di SDN Mangli 01-Jember |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63539 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
DEWI YULIANA.pdf | 266.82 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.