Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63531
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDea Suresna Puspita-
dc.contributor.authorHari Satrijono-
dc.contributor.authorSihono-
dc.date.accessioned2015-09-21T02:28:17Z-
dc.date.available2015-09-21T02:28:17Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63531-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan model Snowball Throwing terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain only post-test control group. Subjek penelitian adalah siswa SD kelas V di SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah populasi 76 siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas VB yang berjumlah 38 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VA yang berjumlah 38 orang sebagai kelas kontrol. Data kemampuan berbicara dikumpulkan menggunakan metode tes yaitu tes unjuk kerja  keterampilan berbicara yang dinilai dengan rubrik penilaian kinerja. Data keterampilan berbicara dianalisis menggunakan teknik analisis statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan hasil t hitung = 3.534 > t tabel (α = 0,05, 74) = 1,993 dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berbicara antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan siswa yang mengikuti metode pembelajaran ceramah, diskusi dan tanya jawab pada kelas V SDN Sumbersari 01 Jember. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing  terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sumbersari 01 Jember. Berdasarkan perhitungan uji efektivitas relatif (ER) menyatakan bahwa kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe  Snowball Throwing lebih efektif 9.268% dibandingkan kelas yang pembelajarannya menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectKemampuan Berbicaraen_US
dc.subjectDesain Only Posttest Control Groupen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwingen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Sumbersari 01 Jemberen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DEA SURESNA PUSPITA.pdf301.79 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.