Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63514
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorArif Priyanto-
dc.contributor.authorSuharto-
dc.contributor.authorDinawati Trapsilasiwi-
dc.date.accessioned2015-09-18T01:23:17Z-
dc.date.available2015-09-18T01:23:17Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63514-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika pokok bahasan Teorema Pythagoras menggunakan kategori kesalahan Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Pengambilan subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa melakukan (1) kesalahan membaca soal sebesar 43%, berupa kesalahan menuliskan kata kunci dan tidak dapat mengilustrasikan gambar dengan tepat, (2) kesalahan memahami soal sebesar 46%, dengan tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan (3) kesalahan transformasi soal sebesar 49%, berupa kesalahan penggunaan rumus (4) kesalahan keterampilan proses sebesar 55%, berupa kesalahan dalam perhitungan dan (5) kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 61%, berupa kesalahan penulisan kesimpulan soal.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectSiswaen_US
dc.subjectAnalisis kesalahanen_US
dc.subjectSoal cerita matematikaen_US
dc.subjectkategori kesalahan Newmanen_US
dc.titleAnalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jemberen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARIF PRIYANTO.pdf454.83 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.