Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63502
Title: Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V di SDN Patrang 01 Jember Tahun Ajaran 2014/2015
Authors: JAN'NAH, Arda Mareta Nur
MASYHUD, Sulton
Keywords: PENDEKATAN SCIENTIFIC
HASIL BELAJAR
PENELITIAN EKSPERIMEN
KURIKULUM KTSP
Issue Date: 2015
Publisher: UNEJ
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Patrang 01 Jember menggunakan kurikulum KTSP dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain pre-test pos-test control group design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 70 siswa yang terdiri dari kelas V-A dan V-B. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan tes yang diadakan sebanyak dua kali yakni sebelum dan sesudah eksperimen (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih nilai pre-test post-test untuk kelas eksperimen adalah 15,06. Selanjutnya di kelas kontrol, didapat bahwa selisih nilai pre-test post-test sebesar 9,66. Pada kedua kelas sama-sama mengalami perubahan, namun pada kelas eksperimen nilai siswa mengalami perubahan yang lebih signifikan dibandingkan dengan rata-rata nilai pada kelas kontrol. Hasil selisih kedua kelas tersebut dilakukan uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 21 dan diperoleh bahwa hasil t hitung > t tabel yaitu 3.195 > 2,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Patrang 01 Jember pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63502
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARDA MARETA NUR JAN'NAH.pdf271.7 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.