Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63501
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorApriliana Saputri-
dc.contributor.authorJekti Prihatin-
dc.contributor.authorPujiastuti-
dc.date.accessioned2015-09-17T02:56:41Z-
dc.date.available2015-09-17T02:56:41Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63501-
dc.description.abstractSalah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa di kelas VII B SMP Negeri 4 Jember. Penelitian ini mengkolaborasikan model pembelajaran Numbered Head Together(NHT) dengan permainan ular tangga. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa, yaitu pada pra siklus memiliki rata-rata sebesar 51% (kriteria kurang aktif), pada siklus 1 memiliki rata-rata 66,74% (kriteria cukup aktif) dan pada siklus 2 memiliki rata-rata sebesar 72,53% (kriteria cukup aktif). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan terjadi pada ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif secara klasikal, yaitu pada pra siklus memiliki persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 25%, siklus 1 dengan persentase 38,88% dan siklus 2 memiliki persentase sebesar 83,33%. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 13,88% dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 44.45% dan dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 58,33%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) dengan permainan ular tangga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmodel pembelajaran Numbered Head Together(NHT),en_US
dc.subjectpermainan ular tangga, aktivitas siswa, hasil belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Ketuntasan Hasil Belajar IPA (Siswa Kelas VIIen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
APRILIANA SAPUTRI.pdf280.12 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.