Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63494
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnik Wahyuningsih-
dc.contributor.authorSri Kantun-
dc.contributor.authorTitin Kartini-
dc.date.accessioned2015-09-17T02:16:53Z-
dc.date.available2015-09-17T02:16:53Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63494-
dc.description.abstractProses pembelajaran yang baik yaitu mengikuti perkembangan TI, namun di MAN 1 Jember penggunaan media pembelajaran berbasis TI masih sederhana yaitu powerpoint yang belum menarik, belum efisien, dan belum efektif. Sehingga diperlukan perbaikan terhadap media pembelajaran agar lebih menarik, lebih efisien dan lebih efektif pada materi sistem moneter untuk siswa kelas X IPS di MAN 1 Jember. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Four-D yang dimodifikasi menjadi 3-D dan dikembangkan oleh S. Thiagarajan et,al. Setelah media divalidasi oleh para ahli isi/materi dan desain, kemudian media diujicobakan sebanyak dua kali (terbatas dan luas). Uji coba terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas gabungan dari kelas X IPS 1 dan X IPS 4 serta uji coba luas dilakukan pada seluruh siswa kelas X IPS 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang meliputi uji kemenarikan media, uji efisiensi media, serta uji efektifitas media. Pada uji coba terbatas media yang dikembangkan menarik dengan skor (81,00%), sedangkan pada uji coba lebih luas media yang dikembangkan sangat menarik dengan skor (91,07%). Pada uji coba terbatas media yang dikembangkan menunjukkan efisien dengan alokasi yang digunakan 3x45 menit, sedangkan pada uji coba lebih luas menunjukkan sangat efisien dengan alokasi yang digunakan 2x45 menit. Pada uji coba terbatas hasil uji beda menunjukkan efektif dibuktikan dengan thitung = 4.753 ≥ ttabel,05;9 = 2,262, sedangkan pada uji coba lebih luas menunjukkan sangat efektif dibuktikan dengan thitung = 13.377 ≥ ttabel,05;29 = 2,045. Selain itu peneliti menyarankan agar media yang dikembangkan dapat digunakan di sekolah menengah lainnya. Apabila dikehendaki adanya penyebaran, sebaiknya disosialisasikan terlebih dahulu dengan sekolah-sekolah terkait.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectMedia E-Learningen_US
dc.subjectEdmodoen_US
dc.subjectSistem Moneteren_US
dc.subjectMAN 1 Jemberen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING MENGGUNAKAN EDMODOen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ANIK WAHYUNINGSIH.pdf308.27 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.