Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63459
Title: | Wacana Grafiti Berbahasa Indonesia pada Bak Truk: |
Authors: | M. Nasiruddin T. J Sukatman Furoidatul Husniah, Husniah |
Keywords: | analisis wacana kritis grafiti bak truk |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Grafiti merupakan goresan kata-kata yang ditulis untuk tujuan tertentu. Bak truk adalah bagian kendaraan yang didesain khusus untuk mengangkut barang. Grafiti bak truk merupakan goresan kata-kata yang ditulis pada bagian truk. Kata-kata yang singkat dengan isi yang sangat beragam memerlukan analisis agar dapat dipahami. Analisis yang paling tepat menggunakan Analisi Wacana Kritis untuk dapat mengungkap ideologi yag terkandung dalam GBT. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi wujud, fungsi, ideologi, dan kreativitas GBT. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif, etnografi. Penelitian ini menggunakan kajian etnografi, karena etnografi merupakan kajian usaha untuk menguraikan kebudayaan atau aspek-aspek kebudayaan melalui fenomena teramati dalam kehidupan sehari-hari. Data dalam penelitian ini berupa grafiti bak truk yang melintas jalur pantura Situbodo, Jalanan Jember, dan internet. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara tak terstruktur. GBT memiliki lima wujud yaitu kata-kata, kata-kata dan gambar, akronim, syair kilat, dan perbadingan. Fungsi grafiti bak truk adalah sebagai representasi keadaan, harapan atau doa, sarana humor, dan kritik sosial. Ideologi yang terkandung dalam grafiti bak truk adalah ideologi hedonisme, ideologi kapitalisme, serta ideologi religius. Ada tiga bentuk kreativitas dalam GBT yaitu permainan bahasa, permainan rima, dan intertekstualitas. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63459 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
MUHAMMAD NASIRUDDIN TIMBUL JOYO.pdf | 271.35 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.